MERETAS ETOS DIGITAL PRENEUR MELALUI DROPSHIP ONLINE BUSINESS BERBASIS E-COMMERCE
Abstract
Bisnis dropship online adalah sistem penjualan produk online di mana penjual tidak harus memiliki modal besar atau memiliki produk sendiri. Fenomena ini kemudian memberi mahasiswa kesempatan untuk menangkapnya sebagai peluang bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk meretas etos digital preneur mahasiswa dalam menjalankan sistem bisnis dropship online dan fungsi sistem bisnis sebagai upaya pemberdayaan ekonomi bagi mahasiswa UIN di jawa tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti bertindak sebagai fasilitator yang memberi makna pada realitas yang dikonstruksi. Data penelitian primer diperoleh melalui wawancara dengan dropshipper dan reseller. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos mahasiswa dalam digital preneur telah dilakukan dengan mengoptimalkan media online sebagai bagian dari bisnis e-marketing mereka. Optimalisasi bisnis dropship online terepresentasikan oleh pendapatan dan hasil dari penerapan sistem bisnis dropship online. Peran atau fungsi dari sistem bisnis dropship online dalam upaya pemberdayaan ekonomi di kalangan mahasiswa uin di jawa tengah diaktualisasikan dari semangat kemandirian siswa, semangat wirausaha siswa, dan tindakan pencegahan pengangguran intelektual setelah lulus perguruan tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Alhabsyi, Jihan. “Perancangan E-Commerce dengan Dukungan Layanan Cash On Delivery (COD)â€, Jurnal Tugas Akhir Informatika, Universitas Hasanuddin, 2014.
Al-Qur’an, At-Taubah ayat 105, Alquran dan Terjemahannya, Jakarta: Departemen Agama RI, Kalim, 2010.
Anoraga, Panji. Psikologi Kerja, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Bariroh, Muflihatul. “Transaksi Jual Beli Dropshipping dalam Perspektif Fiqh Muamalahâ€, Ahkam 4, no. 2, (2016).
Basrowi, Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi, Bogor: Ghalia Indonesia, 2016.
Clelland, David Mc. The Achieving Society, University of Illinois at Urbana-Champaign’s Academy for Entrepreneurial Leadership Historical Research Reference in Entrepreneurship: 1961.
Helianthusonfri, Jefferly, dan Ahmad Wibaya, Bisnis Praktis dan Fantastis dengan Dropship, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.
Isnaini, Nikmah Sari Nur. “Kecemasan Pada Pengangguran Terdidik Lulusan Universitasâ€, Jurnal Indigenous Vol. 13, No. 1, Mei 2015.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktik Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2016.
Kurniawan, Dedik. Kupas Tuntas Bisnis dan Penghasilan Online, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Lakein, Alan. “Give Me a Moment and I’II Change Your Lifeâ€, Kansas City: MO: Andrews McMeel Publishing LLC.
Monks, F. J. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University), 2002.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2012).
Purnomo, Catur Hadi. Jualan Online Tanpa Repot dengan Dropshipping, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.
Permana, Ramdan A, Tatang Permana dan Asep H. Sumita, “Eksplorasi Minat Bekerja, Berwirausaha, dan Melanjutkan Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin UPIâ€, Journal of Mechanical Engineerina Education 4, no. 1, (2017).
Ramdan, Anton. Sukses Bisnis Online, Jakarta: Gramedia, 2014.
Rusdiana, A. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia, 2018.
Sitepu, Novi Indriyani. “Etos Kerja Ditinjau dari Perspektif Al-Quran dan Haditsâ€, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Volume 1 Nomor 2, September (2015), ISSN: 2502-6976.
S. Panuluh & M. R. Fitri, Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.Retrieved from www.infid.org.
Sulianta, Feri. Terobosan Berjualan Online Dropshipping++, Yogyakarta: ANDI, 2014.
Tambingon, Henny N. Peran Pendidikan Kejuruan dalam Menyiapkan Lulusan Berjiwa Wirausaha, Seminar Internasional, ISSN 1907-2066.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2017).
Ishartono dan Santoso Tri Raharjo, “Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan, Social Work Jurnal, Vol. 6, No. 2, 2016, ISSN: 2339-0042.
Wahyuningsih, “Milenium Development Goals (MDGs) dan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Kesejahteraan Sosialâ€, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 11, No. 3 September 2017
Yovinka Helena, Analisis Minat Berwirausaha di Kalangan Siswa di SMA Pasundan Majalaya, Prosiding Forum Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi 2019, ISSN: 2614-6681.
Elpina Pitriani dan Dedi Purnama, “Dropshipping dalam Perspektif Konsep Jual Beli Islamâ€, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3, no. 2 (2015).
Permana, Ramdan A., Permana, Tatang., dan Sumita, Asep H., “Eksplorasi Minat Bekerja, Berwirausaha, dan Melanjutkan Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin UPIâ€, Journal of Mechanical Engineerina Education 4, no. 1 (2017).
Panji Anoraga, Psikologi Kerja, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Novi Indriyani Sitepu, “Etos Kerja Ditinjau dari Perspektif Al-Quran dan Haditsâ€, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Volume 1 Nomor 2, September (2015), ISSN: 2502-6976.
Feri Sulianta, Terobosan Berjualan Online Dropshipping++, (Yogyakarta: ANDI, 2014)
Zuriah Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)
Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktik Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2016)
Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2017)
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2012)
F. J. Monks, Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University, 2002)
Henny N. Tambingon, Peran Pendidikan Kejuruan dalam Menyiapkan Lulusan Berjiwa Wirausaha, Seminar Internasional APTEKINDO 2010, ISSN 1907-2066
Nikmah Sari Nur Isnaini dan Rini Lestari, “Kecemasan pada Pengangguran Terdidik Lulusan Universitasâ€, Jurnal Indigenous, Vol, 13, No. 1, Mei 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8075
Refbacks
- There are currently no refbacks.