Menyingkap Elemen-Elemen Kepuasan Karyawan

Sugeng Riyadi*  -  Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
Yuli Indah Sari  -  Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak

Industri perhotelan adalah industri unik yang melibatkan pekerjaan dengan tingkat stres dan beban kerja yang tinggi akibat pelayanan dengan interaksi 24/7 antara karyawan dan pelanggan. Hal ini menyebabkan industri tersebut menghadapi tantangan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan mereka. Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji elemen-elemen yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan hotel melalui lingkungan kerja, beban kerja, dan pengembangan karir. Sampel penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling dari Hotel New Idola di Jakarta yang memiliki karyawan berjumlah 50 orang. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan SMART PLS ditemukan bahwa lingkungan kerja, beban kerja, dan pengembangan karir memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan karyawan. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga bagi dunia akademisi dengan menyediakan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek pendukung kepuasan kerja karyawan di industri perhotelan, sementara juga memberikan panduan praktis bagi praktisi dalam meningkatkan kondisi kerja dan kepuasan karyawan di lingkungan hotel.

 

Keywords:  hotel, lingkungan kerja, beban kerja, pengembangan karir, kepuasan kerja


Keywords: human resource management, work environment, workload, career development, job satisfaction

  1. Aisyah, D. N., Lumbanraja, P., & Gultom, P. (2023). the Influence of Workload and Adaptation Ability on Employee Performance Through Satisfaction Work At Pt. Bank of Sumut Regional 1 Medan. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(4), 1241–1245. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i4.956
  2. Andriani, R., Disman, D., Ahman, E., & Santoso, B. (2023). Empirical Effects of Work Environment, Job Satisfaction and Work Engagement on Turnover Intention in Hospitality Industry. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 129–140. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.129
  3. Antony, J. P., Dhakshana, J. D. A., & Kumar, A. A. (2023). Effectiveness of Job Satisfaction on Employee Retention in Hotel Industry. Proceedings of the International Conference on Emerging Trends in Business & Management (ICETBM 2023), 35–41. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-162-3_5
  4. Bello, M. B., Aina, C., & Oluwole, A. (2021). Job Satisfaction and Employees’ Performance of Hotel Industry: Empirical Evidence from Lagos State, Nigeria. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 10(4), 1481–1502. https://doi.org/10.46222/ajhtl.19770720-174
  5. Diana, W., Kumala, V., & Lesmana, T. A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN TETAP TERHADAP KEPUASAN KINERJA KARYAWAN ROCKY PLAZA HOTEL PADANG. Jurnal EMBA, 1(4), 153–157.
  6. Ekowati, V. M., Supriyanto, A. S., Fatmawati, Y. D., Mukaffi, Z., & Setiani. (2021). AN EMPIRICAL EFFECT OF WORKLOADS ON EMPLOYEE SATISFACTION: MEDIATING BY WORK ENVIRONMENT. JOURNAL OF SOUTHWEST JIAOTONG UNIVERSITY, 56(1). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.1.14
  7. Forito, A. J. (2023). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL ALPHA PEKANBARU. JOM FISIP, 10, 7823–7830.
  8. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program smart PLS 3.0 (2nd ed.). Universitas Diponegoro.
  9. Heimerl, P., Haid, M., Benedikt, L., & Scholl-Grissemann, U. (2020). Factors Influencing Job Satisfaction in Hospitality Industry. SAGE Open, 10(4). https://doi.org/10.1177/2158244020982998
  10. IRABOR, I. E., & OKOLIE, U. C. (2019). A Review of Employees’ Job Satisfaction and its Affect on their Retention. Annals of Spiru Haret University. Economic Series, 19(2), 93–114. https://doi.org/10.26458/1924
  11. Irma, A., & Yusuf, M. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. JURNAL MANAJEMEN, 12(2), 253–258. https://doi.org/10.31289/diversita.v3i2.1259

Jurnal Ekonomi dan Bisnis
is published by Faculty of Economy Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.

Contact: Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112, Indonesia
Phone+62 857-2760-6666
Website: https://fe.unissula.ac.id
Email: ekobis.fe@unissula.ac.id

ISSN: 2685-4767 (Online) | 1411-2280 (Print)
DOI : 10.30659/ekobis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

View My Stats

apps