Peningkatan Usaha Kreatif dan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi Keluarga di Desa Pabelan Kabupaten Semarang dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Indri Kartika, Sri Sulistyowati, Sri Dewi Wahyundaru, Afri Aulia Rahman

Abstract


Di masa pandemi saat ini banyak keluarga yang mengalami penurunan penghasilan karena menurunnya aktivitas di luar rumah, bahkan beberapa keluarga mengalami kesulitan keuangan karena menjadi korban PHK. Diperlukan usaha-usaha kreatif serta pengelolan keuangan yang cerdas agar ketahanan ekonomi keluarga bisa tetap terjaga. Kelompok ibu-ibu PKK di Desa Pabelan, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang memiliki latar belakang, tingkat sosial, pendidikan dan ekonomi yang berbeda-beda. Sebagian merupakan pekerja, pedagang, wirausaha kecil menengah, buruh industri dan pegawai harian lepas, namun kebanyakan masih memiliki waktu luang dapat diberdayakan dalam kegiatan pengembangan usaha kreatif. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Team dari Fakultas Ekonomi Unissula yang terdiri dari Indri Kartika, Sri Sulistyowati, Sri Dewi Wahyundaru dan Afri Aulia Rahman dilakukan guna meningkatkan penghasilan dari usaha kreatif melalui pemasaran digital sederhana serta pengelolaan keuangan berbasis akuntansi keluarga. Peserta pelatihan meliputi ibu-ibu kelompok PKK di Desa Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Metode pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan penyuluhan, tanya jawab dan diskusi, dilanjutkan dengan praktik. Dari pelaksanaan pengabdian masyarakat dapat disimpulkan bahwa masyarakat tertarik untuk memulai usaha kreatif dan menerapkan pengelolaan keuangan berbasis akuntansi keluarga.  

 

During pandemic condition, many families have experienced income loss due to outdoor activity limitation. Some families even experience financial difficulties for losing job. Creative activities and smart financial management are needed so that the economic resilience of the family can be maintained. PKK women's group in Pabelan Village, Pabelan District. Semarang Regency has different backgrounds, social, educational and economic levels. Some are workers, traders, small and medium entrepreneurs actors, industrial laborers and casual daily employees. However, most of them still have free time to be empowered in creative business development activities. This community service activity was performed by members of Economic Faculty of Unissula which are: Indri Kartika, Sri Dewi Wahyundaru, Sri Sulistyowati and Afri Aluia Rahman. The purpose of this activity is to increase participant’s business income during this pandemic situation through applying simple digital marketing and financial management based on family accounting in Pabelan Village so that it can increase the income and welfare of the Pabelan villagers. Community service methods are carried out with counseling, discussion, followed by practice. From the implementation of community service, it can be concluded that the community is interested in starting creative businesses and implementing family accounting-based financial management. 


Keywords


usaha kreatif; e-commerce; pengelolaan keuangan; akuntansi keluarga; Creative activities; ; financial management; family accounting

Full Text:

PDF

References


Andes, R. J., & Sunaryanto, L. T. (2020). Peran promosi penjualan melalui instagram terhadap penjualan sayur organik di PO. Sayur Organik Merbabu (SOM). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), 27-36. https://doi.org/10.20956/jsep.v16i1.10244

BPS. (2020). Kecamatan Pabelan dalam angka. Retrieved 15 May 2021, from Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2014). E-commerce Essentials: Pearson.

LPPM. (2020). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Internal Unissula. LPPM Universitas Islam Sultan Agung.

Manurung, D. T., & Sinton, J. (2013). Urgensi Peran Akuntansi dalam Rumah Tangga (Studi Fenomenologis pada Dosen-Dosen Akuntansi di Universitas Widyatama Bandung).

Raharjo, T., & Prasetyo, D. H. (2018). Pendampingan Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 288-306. https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.08

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19(1), 76-86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Suwardjono, S. Memahamkan akuntansi dengan penalaran dan pendekatan sistem. Journal of Indonesian Economy and Business, 14(3). https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39435

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118. https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.71

Wibisono, I. K., & Saputro, E. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Hijab Nabil Sabil Dalam Menambah Pelanggan Menggunakan Media WhatsApp. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.3.2.135-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.