Improving Mathematics Teachers’ Skills in Designing Context-based Tasks for Lower Secondary School Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.162-171
Fitriyani, D., & Nurhikmayati, I. (2020). Analisis Kesalahan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Newman. Prosiding Seminar Nasional, 61–72. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/302
Ishartono, N., Nurcahyo, A., Rahma, W., & Perwita, G. (2017). Peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis digital bagi guru matematika SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten. 44–54.
Khotimah, R. P. (2017). Pakom pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran matematika berbasis lesson study. Warta LPM, 20(1), 24–31. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2854
Milati, N., Sunardi., & Nurcholif. (2013). Analisis level pertanyaan pada soal cerita dalam buku teks matematika penunjang SMK program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X terbitan Erlangga berdasarkan taksonomi Solo. Pancaran.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun soal IPA berorientasi HOTS bagi guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.2.175-183
Setiadi, H., Mahdiansyah, Rosnawati, Fahmi, & Afiani, E. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia - TIMSS. In Rahmawati (Ed.), Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.3406/arch.1977.1322
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Subadi, T., Murtiyasa, B., Sutama, Sutopo, A., & Muhroji. (2016). Model pelatihan guru IPS, IPA tematik terpadu Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 19(1), 29–38.
Toyib, M., Sari, C. K., Rejeki, S., & Fatmasari, L. W. S. (2021). Pendampingan penguatan kompetensi guru SMA, MA, dan SMK melalui pengembangan multiple-solution task dalam pembelajaran matematika di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Barelang, 03, 20–30. https://mail.puterabatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/3644
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.2.148-155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Rejeki, Christina Kartika Sari, Muhamad Toyib, Meladia Salsabila Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.