Pelatihan Design dan Komunikasi Visual untuk Peningkatan Digital Skill UMKM Kelurahan Pandean Lamper
Abstract
UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia. Saat ini pemerentah melalui visi Presiden Jokowi sedang mencanangkan program UMKM GO Digital. UMKM memerlukan literasi digital dan peningkatan kompetensi digital untuk mendukung program tersebut. Salah satu kompetensi yang perlu UMKM kuasai adalah bagaimana menghasilkan content yang sesuai dan menarik sehingga bisa meningkatkan ketertarikan customer terhadap produk UMKM tersebut. Untuk menghasilkan content yang menarik maka UMKM perlu mempunyai kompetensi digital yang sesuai antara lain kemampuan untuk mendesain kemasan produk, mengkomunikasikan produk mereka melalui design dan content yang mereka buat. Dengan meningkatnya skill digital UMKM maka UMKM akan mampu melakukan branding terhadap produknya sehingga bisa meningkatkan penjualan dan meningkatkan mutu dan kulitas promosi. UMKM akan mampu membuat content digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan dari pelatihan design dan komunikasi visual ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan skill digital UMKM Desa Pandean Lamper. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Ceramah, Pelatihan dan Praktikum, serta Evaluasi. Hasil pelatihan dan praktikum menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan hard skill peserta sebanyak 40%. Pengukuran hasil pemahaman dan kompetensi peserta dilakukan dengan mengadakan pre-test sebelum pelatihan dan post-test setelah mengikuti pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini peserta mempunyai pemahaman dan skill di bidang design dan komunikasi visual sehingga mampu menghasilkan content-content yang sesuai untuk meningkatkan penjualan dan branding produk.
MSMEs was one pillar of the Indonesian economy. Currently, the government, through President Jokowi's vision, is launching the MSMEs GO digital program. MSMEs require digital literacy and enhanced digital competencies to support this program. One of the competencies that MSMEs need to master is how to produce relevant and engaging content to increase customer interest in their products. To create compelling content, MSMEs need appropriate digital competencies, including the ability to design product packaging and communicate their products through the designs and content they create. With the enhancement of digital skills, MSMEs will be able to brand their products, thereby increasing sales and improving the quality and effectiveness of promotions. MSMEs will be capable of producing digital marketing content that meets the needs of the community. The purpose of this design and visual communication training is to empower the community and enhance the digital skills of MSMEs the Pandean Lamper Village. The implementation methods of community service are carried out through several stages, namely Lectures, Training and Practicum, and Evaluation. The results of the training show that there was a 40% increase in participants' understanding and hard skills. Measurement of participants' comprehension and competencies was done through pre-tests before the training and post-tests after participating in the training. With this training, participants gain comprehension and skills in the field of design and visual communication, enabling them to produce relevant content to increase sales and brand their products.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia . (T. I. Direktorat Statistik Keuangan, Ed.) Jakarta, Indonesia : Badan Pusat Statistik . ISSN: 2476-9134
Fitriya, A. N. (2021). Kegiatan Peningkatan Ketrampilan Ibu Rumah Tangga dan Remaja Melalui Pelatihan dan Technopreneurship Di Kabupaten Pekalongan . Jumat, Informatika Jurnal Pengabdian, 156-162.
Kelurahan Pandean Lamper. (2023, Januari ). Profil . Retrieved from Kelurahan Pandean Lamper: https://pandeanlamper.semarangkota.go.id/profilkelurahan. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023.
Muddin, L. A. (2022). Pendampingan Digital Marketing , Inovasi Produk UMKM , Sepatu Kulit Di Sidoarjo. Jumat Informatika Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2774 - 8529.
Nina Yuliana, I. N. (2021, Oktober). UMAH INFORMASI DIGITAL DALAM UPAYA LITERASI DIGITAL MASYARAKAT. Abdimas Altruis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 130-136.
Nurhaliza, S. (2021, Januari). Market News Umkm Dinilai Jad Tulang Punggung Ekonomi Indonesia. Retrieved from Idx channel: https://www.idxchannel.com/market-news/umkm-dinilai-jadi-tulang-punggung-ekonomi-indonesia#google_vignette. Diakses pada tanggal 10 Mei 2023.
Oktari, R. (2021). Literasi Digital Nasional Hadirkan 4 Pilar. Retrieved from indonesiabaik.id: https://indonesiabaik.id/videografis/literasi-digital-nasional-hadirkan-4-pilar#:~:text=4%20Pilar%20Literasi%20Digital%20Nasional&text=Sementara%20itu%2C%20materi%20kelas%20literasi,Digital%2C%20dan%20Budaya%20Bermedia%20Digital. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023.
Pratiwi Agustini. (2021, Januari 17). Empat Pilat Literasi Untuk Dukung Trnasformasi Digital . Retrieved from Aptika Kominfo: https://aptika.kominfo.go.id/2021/01/empat-pilar-literasi-untuk-dukung-transformasi-digital/. Diakses pada tanggal 10 Mei 2023.
Suryatiningsih. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Desa Lengkong Bandung . Abdiformatika, Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika , 49-53.
Viska. (2017, Maret 31). UMKM Go Online, Upaya Mewujudkan Visi " Digital Energy Of Asia. Retrieved from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/content/detail/9514/umkm-go-online-upaya-wujudkan-visi-digital-energy-of-asia/0/berita_satker. Diakses pada tanggal 5 Mei 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.6.1.1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khoiriya Latifah, Marzelina Hardiyanti, Nugroho Dwi Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.