Orientasi masa depan domain higher education dengan keterlibatan siswa terhadap siswa/i kelas X dan XI SMA

Vidianto Risan, Linda Linda

Abstract


Siswa/i SMA yang hendak menempuh pendidikan tinggi seringkali mengalami kebingungan dalam memilih jurusan kuliah. Keterlibatan siswa/i SMA terhadap proses belajar mengajar di sekolah berperan penting untuk tahap pendidikan berikutnya. Penelitian ini ingin melihat hubungan orientasi masa depan domain higher education dengan keterlibatan siswa terhadap siswa/i SMA Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian melibatkan 50 siswa/i pada tahap uji coba dan 350 siswa/i pada tahap field. Hubungan orientasi masa depan domain higher education dengan keterlibatan siswa dilihat menggunakan teknik analisa Corellation Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan hubungan positif dan cukup signifikan antara kedua variabel. Sebagian besar siswa/i menunjukkan derajat yang rendah dan sangat rendah untuk kedua variabel. Siswa/i SMA Jakarta dapat melakukan diskusi tentang jurusan di perguruan tinggi dengan orangtua, guru, teman, dan kakak kelas menggunakan berbagai media. Siswa/i SMA Jakarta dapat lebih mengembangkan komitmen dalam mengikuti kegiatan sekolah di dalam maupun luar kelas.
 
Kata kunci: Keterlibatan Siswa, Orientasi Masa Depan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.