Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP di Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris apakah ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa jenjang SMP di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N di Surabaya yang berjumlah 52 sekolah. Sampel sekolah diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dalam penelitian ini adalah 11 SMP N yang dijadikan sampel penelitian antara lain: SMP N 2, SMP N 4 SMP 5, SMP N 7, SMP N 10, SMP N 16 SMP N 22, SMP N 28, SMP N 30, SMP N 39, dan  SMP N 42 dengan jumlah subyek 400 siswa. Metode pengumpulan data yaitu 1) Prestasi belajar matematika diukur tes prestasi belajar matematika kelas VII kurikulum 2013 , 2) Skala self efficacy disusun berdasarkan tiga dimensi self-efficacy, yaitu 1) level, 2) generality and 3) strength (Bandura, 1997a; 1997., dalam Zimmerman, 2000) dan 3) skala likert disusun berdasarkan lima jenis dukungan sosial (Sarafino, 1994), yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan emosional dan dukungan jaringan dan bersumber dari guru. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa ada pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP N di Surabaya. Uji model regresi menunjukkan model signifikan (Sig 0.00< 0.05). Dengan nilai Koefisien korelasi berganda R = 0,149 hal ini menunjukkan ada hubungan secara bersama sama antara variabel efikasi diri dan dukungan sosial guru dengan prestasi belajar matematika dalam kategori rendah. Koefisien determinasi (R Square) = 0.022. Hal ini berarti hanya 2,2 % variasi dari prestasi belajar matematika dapat dijelaskan oleh variasi kedua variabel yaitu efikasi diri dan dukungan sosial guru. Sementara itu,  97,8 % dipengaruhi oleh variabel lain. Â
Â
Kata kunci:Â dukungan sosial guru, efikasi diri dan prestasi belajar matematika
Â
Kata kunci:Â dukungan sosial guru, efikasi diri dan prestasi belajar matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.