Meningkatkan konsentrasi anak attention deficit hyperactivity disorder melalui permainan tradisional engklek

Iswinarti Iswinarti, Astrie Cahyasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak (ADHD). Subjek dalam penelitian ini adalah tiga anak yang didiagnosis mengalami ADHD, berusia 6-8 tahun.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain variasi objek tunggal (single case experimental subject). Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui konsentrasi anak sebelum dan sesudah perlakuan adalah observasi terstruktur. Observasi terstruktur dilakukan pada anak yang diberi stimulasi permainan (memindahkan kelereng, memasukkan paku dalam botol, dan melempar holahop) dan diukur konsentrasinya. Permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah engklek Pa’a yang diberikan dalam delapan sesi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan grafik untuk melihat perubahan tingkat konsentrasi anak dan uji analisa non paramatrik Wilcoxon untuk mengetahui signifikasi perubahan konsentrasi anak sebelum dan sesudah memperoleh treatment permainan tradisional Engklek. Berdasarkan anlisis data yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan tradisional engklek memiliki pengaruh terhadap peningkatan konsentrasi anak ADHD dengan tingkat kepercayaan 95%.
 
Kata Kunci: Konsentrasi, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Permainan Tradisional Engklek.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.