Art therapy bagi anak slow learner

Ag. Krisna Indah Marheni

Abstract


Anak slow learner merupakan anak yang mengalami lamban belajar, lamban terampil, dan lamban mamahami suatu informasi yang diperoleh atau ditangkapnya. Akibat kekurangan maupun kelebihan yang dimilikinya, anak mengalami hambatan dalam belajar, bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, maupun dalam pengelolaan emosi yang mengakibatkan dampakdampak tertentu. Penggunaan art therapy menjadi salah satu teknik kreatif membantu proses belajar dan bersosialisasi yang disukai oleh anak karena menarik dan menyenangkan. Art therapy merupakan kegiatan pembuatan ekpresi seni diri pribadi, baik secara audio, visual, audio-visul dan kinestetik yang dapat membantu meningkatkan keterampilan belajar, emosi dan sosial. Fokus paparan artikel ini adalah penggunaan media art therapy bagi anak slow learner seperti; kinetic sand, game, clay, buku ceritera. Media art therapy tersebut dapat digunakan oleh orangtua dalam membimbingan anak. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memperkenalkan kepada orangtua tentang penggunaan Art therapy bagi anak slow learner agar dapat membantu mengatasi permasalahan belajar dan sosialisasi anak dengan menggunakan media-media tersebut.  
 
Kata kunci: Art therapy, slow learner, kinetic sand, game, clay, buku ceritera

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.