Pengaruh practice based simulation model terhadap skill performance mahasiswa keperawatan
Abstract
Pendahuluan:Upayauntuk meningkatkan mutu pendidikan keperawatan khususnya untuk mendukung peserta didik menjadi perawat profesional memerlukan proses pembelajaran dengan menggunakanfasilitas keterampilan klinis melalui pendekatan problem based learning.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh practice based simulation modelterhadap skill perfomancemahasiswa keperawatan. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy – Experimentdengan pendekatan pretest-posttest with control group design. Pengambilan sampel denganteknik simple random samplingdengan jumlah21 responden baik kelompok intervensi maupun kontrol.Analisis data menggunakan uji Paired T-Testdan Independent Samples T-Test. Hasil: Selisih peningkatan skill performance pada kelompok intervensi sebanyak 11,47 poin dan kelompok kontrol sebanyak 2,29 poin. Practice based simulation modelberpengaruh terhadap skill perfomancedengan nilaip= 0,00<0,05.Simpulan:Practice based simulation modelmemengaruhiskill perfomancemahasiswa keperawatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimul, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Al-Uqshari, Y. (2005). Percaya Diri Pasti. Jakarta: Gema Insani.
Angelis, B.D. (2007). Percaya Diri: Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Cordeau, M. A. (2013). Teaching holistic nursing using clinical simulation. A pedagogical essay. Journal of Nursing Education and Practice. 3(4): 40-50.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hakimzadeh, et,al. (2013). Factors Afecting the Teaching-learning in Nursing Education. E-ISBN978-967-11768---0-1.
Hicks, F., & Coke, L. (2009) The effect of High-Fidelity simulation on nursing students’ knowlwdege and performance: Apolot study. National Council of State of Nursing, Inc. (NCSBN).
Jeffries, P. (2005). A framework for designing, implementing, and evaluating: simulations used as teaching strategies in nursing. Nursing Education Perspectives,26(2), 96–103.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalam & Efendi, F. (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Omer, T. (2016). “Nursing Students Perseptions Of Satisfaction And Self Confidence With Clinical Simulation Experienceâ€.Journal of Education and Practice Vol.7, No.5.
Park, M.Y. et, al. (2009). Simulation-PBL (Problem Based Learning): An evaluation of the implementation of learning modules in the Korean nursing context. In International Meeting on Simulation in Healthcare. Lake Buena Vista, FL: Society for Simulation in Healthcare.
Sufirmansyah. (2015). Pengaruh efikasi diri terhadap Prestasi belajar mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI STAIN Kediri Dengan motivasi sebagai variabel Intervening. Didaktika Religia Volume 3 No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.5.2.1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.