Analisis faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan tanggung jawab Mahasiswa Profesi Ners di Stase Komunitas
Abstract
Pendahuluan:Stase Komunitas merupakan salah satu rangkaian stase yang ada pada Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA. Yaitu praktik keperawatan yang dilakukan langsung di masyarakat, sehingga mahasiswa berinteraksi langsung dengan masyarakat. Tujuan:Pendidikan tinggi keperawatan mempunyai tujuan menghasilkan perawat yang professional. Dimana perguruan tinggi tersebut sangat berperan dalam membina sikap, pandangan dan kemampuan professional lulusan, sehingga diharapkan perawat mampu bersikap dan berpandangan professional, berwawasan keperawatan yang luas, serta mempunyai pengetahuan ilmiah keperawatan yang memadahi dan menguasai ketrampilan profesional dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa faktor yang mempengaruhi sikap tanggung jawab mahasiswa Profesi Ners Di Stase Komunitas. Metode:Penelitian ini menggunakan desain analitik, dengan jumlah responden 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sempel menggunakan total sampling. Hasil: Penelitian didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap tanggung jawab mahasiswa di satse komunitas yaitu; dosen idola, asal daerah, perasaan dan metode conference. Simpulan:Bahwa asal daerah, dosen idola, metode conference, dan perasaan dapat mempengaruhi sikap tanggung jawab mahasiswa di stase komunitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, N. (2014). Peningkatan Keaktifan dan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Pada Kegiatan Lesson Study Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik . 769–775.
Azwar, S. (2015). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berkstresser, K. (2016). The use of online discussions for post-clinical conference. Nurse Education in Practice, 16(1), 27–32. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2015.06.007
Endah, R., & Nurhidayah. (2016). Pendidikan Keperawatan. (9). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=U6ApDgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=konsep+lansia.pdf+2018&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjYo6WX0bDqAhWDxDgGHZNUCDEQuwUwA3oECAEQCA#v=onepage&q&f=false
Kensiwi, F., Surarso, B., & Suyitno, H. (2013). Pembelajaran Model Kooperatif Learning Tipe TSTS dengan Pendekatan Humanistik bermuatan Pendidikan Karakter Materi Bilangan Kompleks. 2(1), 76–83.
Masrukhin, A. (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1229. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566
Nasrudin, Herdiana, I., & Nazudi, N. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berdasarkan Sifat Fitrah Manusia. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(3), 264–271. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5631
Nursa’ban, M. (2013). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Metode Tutorial Di Jurusan Pendidikan Geografi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 432–443. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1630
Nursalam, & Efendi, F. (2012). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rasyidah, U. H., Pratiwi, R., & Sulur. (2011). Pengembangan karakter tanggung jawab, kejujuran, tekun/gigih dan peningkatan hasil belajar kognitif fisika matematika ii melalui perkuliahan terpadu. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 247–254.
Suparmini, & M.Nursa’ban. (2012). Implementasi Nilai-nilai Kejujuran dan Tanggungjawab dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Geografi UNY (p. 20). p. 20.
Suryanti, H. H. S., & Hartini, S. (2013). Peningkatan Kedisiplinan Kuliah Melalui Konseling Kelompok pada Mahasiswa Semester III Program Study Bimbingan dan Konseling FKIP UNISRI. 1–13.
Ulrich, B. (2004). Leadership: the professional responsibility of all RNs. Nephrology Nursing Journal : Journal of the American Nephrology Nurses’ Association, 31(4), 364–365.
Vezeau, T. M. (2016). In defense of clinical conferences in clinical nursing education. Nurse Education in Practice, 16(1), 269–273. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2015.10.006
Yuwanto, L. (2012). Pendidikan Karakter Melalui PeerGroup Camp. 164–174. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/1514
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.6.1.9-14
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.