PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 3 CEPU MELALUI APLIKASI QUIPPER SCHOOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 3 Cepu pada masa pandemikCovid-19 dengan menggunakan media Quipper School.Penelitian ini juga menentukan media yang tepat untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode penelitian ini menggunakan Quasi experiment dengan bentuk kontrol grup pretes and postes design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cepu yang terdiri 8 kelas. Jumlah sampel adalah 31 siswa kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa melalui sample acak. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui apakah siswa sudah mengenal dan menggunakan media quipper school sebagai pembelajaran alternatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis pretes dan postes menunjukan ada peningkatan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia dari nilai 62 meningkat menjadi 85 setelah menggunakan media Quipper School
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.113-122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.