PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS 4 SDN CIWALET, TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugestopedia terhadap keterampilan membaca puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di SDN Ciwalet. Penerapan pembelajaran puisi dalam Kurikulum 2013 bertujuan agar siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya puisi untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode PreEksperimental Design (One-Group Pretest-Posttest Design) yaitu sebuah eksperimen yang dilakukan dengan adanya pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan.Hasil sebelum menerapkan metode sugestopedia, Pretes yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi (0%), kategori tinggi sebanyak 1 orang (4,2%), kategori sedang sebanyak 10 orang (41,7%), klasifikasi nilai siswa dengan kategori rendah sebanyak 13 orang (54,2%), dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat rendah (0%). Hasil sesudah menerapkan metode sugestopedia, Posttest yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi yang dicapai sebanyak 11 orang (45,8%), kategori tinggi sebanyak 13 orang (54,2%). Hasil dari penelitian ini yakni adanya peningkatan kualitas membaca puisi pada siswa kelas IV SDN Ciwalet dengan diterapkannya metode sugestopedia terhadap pembelajaran tersebut. Peningkatan terlihat jelas pada perbandingan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode sugestopedia. Sebelum diterapkannya metode sugestopedia rata-rata siswa sangat rendah dengan nilai 68,58 dan sesudah diterapkannya metode sugestopedia mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 89,58.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.159-169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).