PESAN MORAL DALAM KONTEN BERMUATAN COVID-19 DI MEDIA SOSIAL
Leli Nisfi Setiana, Aida Azizah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pesan moral yang terdapat dalam konten di media sosial bermuatan covid-19. Mayarakat milenail saat ini telah banyak yang mampu mengekspresikan segala sesuatu berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakannya. Seperti halnya karya sastra yang muncul sebagai bentuk ekpresi atas penciptanya. Pandemi covid-19 masih menjadi trend yang kerap muncul dalam konten-konten yang ditulis oleh mayarakat di media sosial mereka. Berbagai hal diungkapkan secara jelas, baik ungkapan tersebut terdapat berbagai bentuk nilai moral dan mengandung pesan moral yang dapat diambil. Metode penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan menganalisis pesan moral yang terdapat dalam konten bermuatan covid-19 di media sosial yang dikategorikan kedalam beberapa nilai moral. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 16 data pesan moral yang terdapat dalam tiga kategori nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan Tuhan.