PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SAYUNG DEMAK

Anik Magfiroh, Turahmat Turahmat, Oktarina Puspita Wardani

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III dengan batas ketuntasan
minimal 71. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah
keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP N 3 Sayung
Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.
Teknik tes berupa menulis teks berita dan teknik nontes berupa, observasi,
angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi data kuantitatif
dan data kualitatif. Peningkatan hasil tes siswa dapat dilihat dari hasil tes
pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 73,33, siklus II mendapatkan nilai
rata-rata 79,30, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 91,03. Sehingga
terjadi peningkatan dari siklus II sebesar 5,97, dan siklus III sebesar 11,73
Hasil nontes observasi sikap, siklus I siswa mendapatkan rata-rata sikap
baik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, dan siklus III siswa
mendapatkan rata-rata sikap baik sekali. Angket sikap prasiklus
mendapatkan siklus I mendapatkan nilai rata-rata 83,37%, siklus II
mendapatkan nilai rata-rata 87,54%, dan siklus III mendapatkan nilai ratarata
99,62%. Angket motivasi siklus I mendapatkan nilai rata-rata 66,7%,
siklus II mendapatkan nilai rata-rata 72,16%, dan siklus III mendapatkan
nilai rata-rata 79,7%.


Keywords


menulis berita; model pembelajaran think pair and share (TPS) menggunakan media visual



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.5.2.1-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.