PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar
siswa, sikap belajar siswa, dan motivasi belajar siswa dalam materi menulis
teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Group
Investigation. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan 1)
keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X IIS 3 SMA N 2 Rembang
setelah mengikuti pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model
pembelajaran Group Investigation mengalami peningkatan. Peningkatan ini
terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari siklus I, siklus II dan siklus III.
Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 64,83. Pada siklus II diperoleh
hasil rata-rata sebesar 76,54. Pada siklus III diperoleh hasil rata-rata 87,97.
Peningkatan terjadi pada setiap siklusnya hingga mencapai hasil yang
maksimal pada siklus III yang termasuk dalam kategori sangat baik dan
sudah melampaui KKM yaitu 70,0. 2) Sikap belajar siswa mengalami
peningkatan di setiap siklus. Pada sikap siklus I sebesar 57,97% pada siklus
II meningkat menjadi 66,09% dan pada siklus III meningkat menjadi
69,31%. 3) motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan di setiap
siklus. Pada siklus I sebesar 60,38%, pada siklus II meningkat menjadi
75,93%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,5%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.v5i2.2349
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).