PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MODEL MEMBACA SQ3R PADA SISWA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 2 SEMARANG

Dora Ratna Diniarti, Turahmat Turahmat, Oktarina Oktarina

Abstract


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana
peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap belajar siswa kelas XI
MIPA 8 SMA Negeri 2 Semarang dalam membaca teks eksplanasi kompleks
dengan model membaca SQ3R. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik tes yang dilakukan dengan memberikan tes membaca teks
eksplanasi kompleks dan teknik nontes dengan melakukan observasi,
memberikan lembar angket dan lembar wawancara, serta
mendokumentasikan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes siswa
dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan sebesar 75,
dapat diketahui bahwa model membaca SQ3R dapat meningkatkan
keterampilan membaca teks eksplanasi kompleks. Pada siklus I diperoleh
rata-rata kelas sebesar 62,94 atau dalam kategori kurang, dengan rincian
sebanyak 8 siswa atau sebesar 22,22% yang tuntas dan sebanyak 28 siswa
atau sebesar 77,78% tidak tuntas. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas
sebesar 74,56 atau dalam kategori cukup, dengan rincian sebanyak 23 siswa
atau sebesar 63,89% yang tuntas dan sebanyak 13 siswa atau sebesar 36,11%
tidak tuntas. Pada siklus III diperoleh rata-rata kelas sebesar 86,25 atau
dalam kategori sangat baik, dengan rincian sebanyak 36 siswa atau sebesar
100% yang tuntas. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus III adalah
23,31 atau sebesar 64,75%. Selain itu, hasil observasi, wawancara, angket,
dan dokumentasi menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIPA 8 SMA Negeri
2 Semarang memberikan tanggapan baik setelah mengikuti pembelajaran
membaca teks eksplanasi kompleks dengan model membaca SQ3R. Siswa
merasa lebih memahami isi bacaan teks eksplanasi kompleks. Oleh sebab
itu, guru dapat menerapkan model membaca SQ3R dalam pembelajaran
membaca teks eksplanasi kompleks.


Keywords


keterampilan membaca; teks eksplanasi kompleks; model membaca SQ3R



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.5.2.39-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).