ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA PADA BUKU TEKS SMA “BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK“ KELAS X SMA

Oktarina Puspita Wardani

Abstract


Unsur pendukung dalam pembelajaran salah satunya ialah buku teks.
Kelayakan isi dan bahasa buku teks bahasa indonesia harus sesuai dengan
kurikulum yang berlaku. Isi dari buku teks pembelajaran harus sesuai dengan
kompetensi inti pada pembelajaran itu. Masalah dalam artikel ini ialah
menganalisis kelayakan isis dan bahasa buku teks “Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik“. Metode penelitian menggunakan metode
kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa kartu kata untuk mengambil
data dari buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“ kelas X
SMA. Data berupa kata, kalimat yang dideskripsikan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Analisis kelayakan isi buku teks pelajaran bahasa
Indonesia ini sesuai dengan instrumen yang ditetapkan oleh BSNP, meliputi
kesesuaian antara materi dan kurikulum dan kompetensi dasar yang berlaku,
keakuratan materi yang ada di dalam buku, dan pendukung materi yang ada.
Kelayakan bahasa meliputi komunikatif, dialogis dan interaktif, lugas,
keruntutan alur pikir, koherensi, kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia
yang benar, dan penggunaan istilah dan simbol atau lambang yang sesuai
dengan perkembangan peserta didik.


Keywords


kelayakan isi; kelayakan bahasa; Bahasa Indonesia



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.v5i2.2352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).