PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PERCAKAPAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 1 PEKALONGAN KEC BATEALIT KABUPATEN JEPARA
Abstract
Rendahnya prestasi dan kesalahan pola pembelajaran dapat penulis temukan
melalui hasil tes formatif yang dikerjakan siswa. Dari hasil tes formatif mata
pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema Pahlawan dalam pembahasan
menyususn kalimat percakapan berdasarkan gambar tingkat ketuntasan 40%
dari 34 siswa hanya 14 siswa yang sudah tuntas dan 20 siswa belum tuntas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing melalui
empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. teknik analisis data,
peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Setiap diadakan
evaluasi nilai rata-rata kelas sangat rendah. Rendahnya nilai rata-rata kelas
menunjukkan bahwa siswa kurang menguasai materi pembelajaran yang
disajikan guru. Terjadi peningkatan tingkat ketuntasan pada pelaksanaan
siklus II. Perubahannya adalah 40% pada siklus I meningkat mencapai 50%
pada siklus II. Pada siklus III ketuntasan mencapai 85% mengalami kenaikan
ketuntasan 35%Kelemahan yang perlu untuk diperbaiki terutama pada ejaan.
Pada grafik 4.2 menunjukkan yang mendapat nilai 4 ada 1 siswa, nilai 5 ada
4 siswa, nilai 6 ada 5 siswa, nilai 7 ada 7 siswa, nilai 8 ada 11 siswa, nilai 9
ada 6 siswa dari 34 siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.5.2.83-99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).