PENERAPAN MEDIA VHS 10 TV DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL KELAS XII

Ifa Ludfiah, Ngatmini Ngatmini

Abstract


Keterampilan menulis merupakan keterampilan paling kompleks di antara keterampilan berbahasa lain, seperti keterampilan membaca, menyimak, dan berbicara. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan hasil pembelajaran, tentu dengan memperhatikan preferensi belajar maupun kebutuhan peserta didik. Dalam penelitian ini, dideskripsikan tentang penerapan media VHS 10 TV dalam meningkatkan keterampilan menulis teks editorial di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian, penerapan media VHS 10 TV sangat baik dilakukan di kelas XII MIPA 3. Hal itu dibuktikan pada nilai yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis teks editorial, dengan perolehan nilai rata-rata 93. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran untuk memproduksi atau menulis teks editorial sesuai struktur dan kaidah kebahasaan dengan menerapkan media VHS 10 TV di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang, sangat baik. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.  Pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekitar, maupun yang ada dalam diri, dengan pendidik tampil secara nyata di hadapan peserta didik melalui media yang diminati. Seluruh peserta didik diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. 

Writing skills are the most complex skills among other language skills, such as reading, listening and speaking skills. Learning media is an important component in improving learning outcomes, of course by paying attention to learning preferences and student needs. In this research, we describe the application of VHS 10 TV media in improving editorial text writing skills in class XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang. This research is a qualitative descriptive research. The research instrument used was a non-test instrument with data collection techniques through interviews, observation and documentation analysis. The results of the research showed that the application of VHS 10 TV media was very good in class to produce or write editorial texts according to the structure and rules of language by applying VHS 10 TV media in class XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang, very good. The research results can be used as an alternative in developing learning media that supports students.  Utilization of learning media that is around you, as well as what is within you, with educators appearing in real life in front of students through media of interest. All students are expected to be able to achieve learning goals optimally. 


Keywords


keterampilan menulis; media pembelajaran; teks editorial

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.32-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).