KEEFEKTIFAN CONVERSATION VIDEO PROJECT BERBASIS PBL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DAN PERCAYA DIRI SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL

Joko Pamuji Rahayu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan desain one-shot case study.  Tujuan penelitian adalah menyelidiki keefektifan pemberian tugas Conversation Video Project berbasis Project based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kendal pada tahun ajaran 2019/2020. Sample pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan data melalui angket dan penilaian hasil tugas proyek pembuatan video percakapan bahasa Inggris dengan tema taking simple phone message. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulan bahwa pemberian tugas dalam bentuk  Conversation Video Project  berbasis model Project Based Learning menunjukkan efektif terhadap pencapaian KKM sebesar 72,0 pada kompetensi (kemampuan) berbahasa Inggris secara lisan dan adanya pencapaian tingkat kepercayaan diri siswa dengan kategori tinggi pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kendal

Keywords


Conversation video project, PBL, Kemampuan berbahasa, Percaya diri

Full Text:

PDF

References


Antara Pt. A., Ujianti, Pt. R., & Jayanti, D.A.S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A macth Terhadap Kepercayaan Diri Kelompok B Gugus I. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 277-286

Asri, A.N., Indrianti,T., & Perdanasari, N. (2017). Penerapan Digital Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di program Studi manajemen Informatika. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2),81–89.

Heriyana, Wina dan Maureen, Y. Irena. (2014). Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya.

Kamisah, Mukhaiyar, Desmawati Radjab. (2013). Improving Student’s Speaking Skill Trough Project Based Learning Technique at Class III-B of Third Semester Student’s. Journal English Language Teaching (ELT), 1(3), 95-105.

Ni Luh Putu Ning Septyarini P., & Luh Gd Rahayu Budiarta. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek: pengaruhnya Terhadap kemampuan Berbicara dan Pproses Belajar. Media Edukasi, 3(1), 71-77.

Sari, E.P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Cerme Gresik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(3), 79-85.

Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I.P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3(1),97-102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id