PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MEDIA MULTILITERASI MENULIS IMAJINATIF BERBASIS MEDIA FILM ANIMASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerita pendek dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian penggunaan metode metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 70, 81 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80, 21, sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan sebesar 9,40. Selain itu, terdapat perubahan perilaku peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang mengalami peningkatan lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis Cerita Pendek melalui metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media Film animasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke - 21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Cetakan 1. Bogor: PenerbitGhalia Indonesia. ISBN: 978-979450-715-5.
Rahmawati, Ratna. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Film Kartun pada PembelajaranMenulis Teks Cerpen kelas XI SMA Negerei 2 Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Subyantoro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utami, D. (2011). Animasi Dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran 7 Mei. Nomor1. Halaman 44-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id