PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 6 SEMARANG

Ida Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam  Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris melalui Media Gambar Berseri. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa inggris siswa menggunakan gambar berseri. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar maupun aktivitas belajar siswa. Pada tahap prasiklus ketuntasan siswa 16,67%. Pada siklus I menunjukkan ketuntasan 52,78% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,78%. Adapun hasil Belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil awal menunjukkan skor rata-rata: 62,44; Hasil pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 71,42; dan Hasil pada siklus II naik menjadi skor rata-rata: 77,81. 


Keywords


Peningkatan, Teks Narasi, Media Gambar Berseri.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education.

Harmer, J. 2007. How to Teach Writing. Essex: Pearson Education.

Harmini, H. Sofyan, & Urai Salam. 2015. Improving Students’ Writing Ability in Narrative Text by Using Picture Series in SMA. Pontianak: Tanjungpura University.

Nunan, D. (2003). Practical English language teaching. New York: McGraw Hill.

Richards, Jack C, & Willy A Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching. New York : Cambridge University Press.

Smaldino, Sharon, Robert Heinich, Michael Molenda, James Russel, and, 2005. Instructional Media And Technologies For Learning. New Jersey: Prentice -Hall Inc.

Weigle, Sara Cushing. 2009. Assessing Writing.UK: Cambridge University Press.

Wright, Andrew. 1989. Pictures for Language Learning. New York: Cambridge University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id