Low Motivation Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Motivasi merupakan sumber kekuatan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Apabila mahasiswa memiliki motivasi yang rendah maka akan terjadi prokrastinasi akademik sehingga proses pembelajaran akan tertunda. Untuk itu penelitian ini membuktikan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memiliki motivasi rendah, fakor tersebut adalah konsep diri, konformitas teman sebaya, minat terhadap tugas, dukungan sosial serta lingkungan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. T., & Danang, A. K. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19.
Jurnal Psikologi Perseptual. Vol 5,No 2, h 120-128
Ardiyansyah. Y.P. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik
Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Ghufron, M.N.,& Risnawita. S.R. (2011). Teori teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Hanafiah, Nanang, & Cucu, S. (2011). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.
Moslem, M.C.,Komaro,M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi
Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2. H 258-265
Nitami, M., Daharnis.,& Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik
Siswa. Jurnal Konselor. Vol 4. No.1. H. 1-12
Nurlaili. R.R. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga Dalam Mengajukan Proposal PKM. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Ormroad, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga
Putri, D.M.,& Dewi, D.K. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik
Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 8 No. 8. H. 72-82
Rumiani. (2006). “Prokrastinasi Akademik ditinjau Dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswaâ€.
Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 2.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wlodkowski, J. Raymond & H. Jaynes, Judith. (2004). Motivasi Belajar/ Eager To Learn. Jakarta:
Cerdas Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.24256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id