Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MTs Mu”Allimin Muhammadiyah Yogyakarta Menggunakan LKPD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui praktikum berbasis masalah nyata materi pengukuran tahun pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas VII E MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari pengamatan praktikum siswa, aktivitas belajar siswa, dan nilai tes hasil belajar. Pengamatan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan deskripksi kualitatif yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah nyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada materi pengukuran. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 5,7 pada pra tindakan menjadi 8,9 pada siklus 1, dan menjadi 10,16 pada siklus 2. Sedangkan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 68,16 pada pra tindakan naik menjadi 87, 06 pada tindakan 1 dan naik menjadi 88,28 pada tindakan 2. LKPD berbasis masalah nyata direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggareni, N.W., Ristiati, N.P., & Widiyanti, N.L.P.M. (2015). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1-14.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hermansyah, Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemapuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Hisyam, Z. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN.
Indriastuti. (2015). Implementasi strategi pembelajaran inkuri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa smp. Jurnal.pasca.undiksha.ac.id
Salira, A.B., Logayah, D.S., Holilah, M., Rakhman, M.A., Trianti, T., Darmawan, R.A., Kirani., K. (2023). Persepsi Peserta Didik SMP Kelas VII Terhadap Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Wuny, 5(2), 1-12. 10.21831/jwuny.v5i2.64955
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., Nurbayani, S. (2022). Pedagogi Kreatif dalam Pembelajaran IPS: Studi Di SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Wuny, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.48379
Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., Nurbayani, S. (2023). Application of Lev Vygotsky’s Theory in Social Studies Learning Using Social Action Projects Based on Creative Pedagogy to Increase Student Engagement. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 4164-4174. DOI:10.35445/alishlah.v15i3.3429
Yamin, M. (2007). Kiat Membetajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.36818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id