Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Polinomial
Abstract
Artikel ini membahas metode dan teknik untuk menentukan akar-akar persamaan polinomial menggunakan bilangan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsisi kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah polinomial. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa berdasarkan hasil kerja mereka.. Hasil penelitian menunjukkan beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal polinomial karena penerapan strategi pemecahan yang kurang tepat dan lemah dalam pemeriksaan hasil akhir. Sebagaimana yang dilakukan oleh subjek (S-6) menunjukkan bahwa dalam penentuan akar-akar polinomial menggunakan bilangan kompleks menawarkan pendekatan yang lebih umum dan kuat dibandingkan hanya menggunakan bilangan real. Namun disisi lain subjek (S-6) dalam menyelesaikan masalah polynomial masih mengalami kesulitan dengna beberapa kesalahan. Meskipun pada awalnya subjek (S-6) berusaha menggunakan metode subtitusi dan faktorisasi. Meskipun demikian, perlu dipahami bahwa dalam kasus tertentu, metode faktorisasi mungkin tidak dapat diterapkan secara langsung atau membutuhkan analisis lanjutanSaran dari penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah dengan disiplin sengingga dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam menyelesaikan persamaan polinomial dengan melibatkan bilangan kompleks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeoye, M. A., & Jimoh, H. A. (2023). Problem-Solving Skills Among 21st-Century Learners Toward Creativity and Innovation Ideas. Thinking Skills and Creativity Journal, 6(1), 52–58. https://doi.org/10.23887/tscj.v6i1.62708
Budi, B. S., & Nusantara, T. 2020. “Analisis Kesalahan Newman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak dan Scaffolding-nya”. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.
Çelik, H. C., & Özdemir, F. (2020). Mathematical thinking as a predictor of critical thinking dispositions of pre-service mathematics teachers. International Journal of Progressive Education, 16(4), 81–98. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.268.6
Davita, P. W. ., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.
Fischer, A., Greiff, S., & Funke, J. (2012). The Process of Solving Complex Problems. The Journal of Problem Solving, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.7771/1932-6246.1118
Krystle, O., Fitzpatrick, C. L., & Hallett, D. (2017). Math Anxiety Is Related to Some, but Not All, Experiences with Math. Frontiers in Psychology, 8(2067), 129–142.
Kusmaryono, I. (2018). Analysis of sudents’ incorrect answers in a mathematical test: an insight on students’ learning based on SOLO taxonomy and error analysis. Jurnal Pengajaran MIPA, 23(1), 1–8. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v23i1.9517
Luu-Thi, H. T., Ngo-Thi, T. T., Nguyen-Thi, M. T., Thao-Ly, T., Nguyen-Duong, B. T., & Tran-Chi, V. L. (2021). An investigation of mathematics anxiety and academic coping strategies among high school students in Vietnam: A cross-sectional study. Frontiers in Education, 6, 1–14. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.742130
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.37814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id