Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Berdasarkan Metode Newman

Wihda Ikroma, Wharyanti Ika Purwaningsih, Erni Puji Astuti

Abstract


Analisis Kesalahan adalah cara berpikir yang sesuai dengan pengujian sistematis sebagai upaya penyelidikan terhadap suatu peristiwa penyimpangan untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan suatu peristiwa tersebut terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dialami siswa MTs WI Karangduwur khususnya soal kontekstual materi SPLDV dan mengetahui faktor penyebab kesalahan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan fenomenologi, dan dengan Teknik purposive sampling. Subjek  dalam penelitian ini adalah 2 siswa MTs WI Karangduwur yang memiliki nilai paling sedikit dari materi SPLDV. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesalahan berdasarkan Analisis Newman (1) kesalahan transformasi yakni siswa salah menentukan variabel atau permisalan, (2) kesalahan memproses yakni siswa salah dalam menggunakan metode dan salah dalam perhitungan (3) kesalahan menyimpulkan yaitu terjadi ketika siswa tidak mampu menentukan hasil dan jawaban akhir sesuai dengan kesimpulan yang dimaksudkan dalam soal. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak teliti dalam memahami soal, mengakibatkan siswa salah melakukan proses perhitungan, tidak teliti dalam proses mengeliminasi dan substitusi, dan lupa menuliskan kesimpulan yang tepat karena tidak terbiasa.

.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Kontekstual, Analisis Newman


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.39654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id