Peran Guru Kejuruan Bidang Pertanian dalam Mempersiapkan Generasi Emas
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Almursyid, M. Y., Rizal, F., Rizal, A., & Zola, P. (2018). Persepsi Guru Kejuruan SMK Negeri 1 Bukittinggi Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Abad 21. CIVED Jurusan Teknik Sipil, 5(1), hal.2128-2134.
Badan Pusat Statistik (2023). Indikator Pertanian. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado, 12(2), hal.106-124.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.
Fauzani, P. P. (2024). Kesenjangan Peralatan dan Teknologi pada Sekolah atau Pusat Pelatihan Vokasional. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(2), hal.249-253.
Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, S. Y. (2021). Peranan Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Tampan Amma. Jurnal Holistik, 14(2), hal.1-15.
Khurniawan, A. W., & Erda, G. (2019). Darurat Guru Kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan. VOCATIONAL EDUCATION POLICY, WHITE PAPER, 1(18), hal.1-4.
Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabetha.
Krisnamurti, F. T. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), hal. 65-76.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Rojaki, M. . (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5463
Rojaki, M.. (2024). Literature Review: Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Kejuruan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), hal.13-21.
Sabon, Simon, S., Listiawati, N., & Relisa. (2020). Model Magang Guru untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK. Jakarta: Puslitjakdikbudkemdikbud.
Sriyono, H., & Suparmin. (2017). Hubungan peran guru bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa sekolah menegah kejuruan. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), hal 1-6.
Sunardi, & Sudjimat, D. A. (2016). Magang Industri untuk Meningkatkan Relevansi Kompetensi Profesional Guru Produktif SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar, 39(2), hal.171-182.
Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.40272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id