Strategi Promosi Paket Penawaran Barang Untuk Kebutuhan Hotel Menggunakan Algoritma Apriori

Muhamad Hanif, Bima Kristuaji Pamungkas, Bryan Alviro Simu, Mochamad Sentono, Mohamad Jihan Shofa

Abstract


Adanya kenaikan harga pada pasar yang tidak diketahui oleh PT. Karunia Trada Utama (PT. KTU), menyebabkan perusahaan menanggung harga kenaikan dari itemset yang akan dijual. Hal ini membuat PT. KTU mengalami kerugian, sehingga perusahan harus memiliki strategi penjualan yang tepat kepada para konsumen untuk bisa meminimalisir kerugian yang dihasilkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk bisa meminimalisir kerugian yang dialami oleh PT. KTU, dengan menggunakan strategi promosi. Data yang digunakan merupakan data transaksi hasil penjualan barang PT. KTU selama periode bulan Oktober–Desember 2022 dengan 350 data transaksi yang diambil dari database perusahaan. Cara pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan pengambilan dari database dan wawancara terhadap pemilik perusahaan PT. KTU. Strategi promosi yang diterapkan yaitu dengan melakukan paket harga terhadap penjualan barang. Metode yang digunakan pada penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan metode Market Basket Analysis (MBA) berbasis assosiation rules dari algoritma apriori. Hasil penelitian ini adalah yaitu usulan promosi paket harga terhadap produk yang dijual. Paket dilakukan dengan beberapa pilihan yaitu (1) produk buah dipaketkan dengan sayur, (2) produk bumbu pecel dan sayur, mendapatkan bonus buah, (3) produk tahu menjadi satu paket dengan produk buah, (4) produk buah, maka akan memperoleh bumbu pecel, (5) produk bumbu pecel dan beberapa buah, maka akan mendapatkan bonus sayur-sayuran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jurti.2.2.78-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknik Industri diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia