EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI HAJI di SMPN 3 DEMPET DEMAK JAWA TENGAH
Abstract
Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan,dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektifitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi haji. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMPN 3 Dempet Demak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berusaha membuat deskripsi atau gambaran dari fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian. Sedangkan teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah penggunaan media audio visual efektif dalam pembelajaran PAI. hal ini terbukti melalui hasil uji efektivitas pembelajaran dengan pendekatan teori Robert E.Slavin yang memnuhi indikator sebagai berikut :Presentase waktu belajar siswa kelas IX SMPN 3 Dempet yang tinggi dicurahkan terhadap kegiatan belajar mengajar, Terbangunnya motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, adanya kesesuaian materi ajar dengan kemampuan siswa , terbangunnya pengalaman belajar yang melibatkan siswa berperan secara aktif.
Kata Kunci: Efektivitas , Media Pembelajaran, Audio Visual
ÂFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ed. revisi VI, Jakarta, Rineka Cipta, 2006
Achamadi, Ilmu Pendidikan Islam 1, Salatiga, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 1987
Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2004
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Daradjat, Zakiah dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2014
Hamzah , Amir , Media Audio-Visual untuk Pengajaran, penerangan, dan penyuluhan (Jakarta: PT Gramedia, 1995
Hadi,Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta, Andi Offset, 1980
Slavin, E.Robert, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (edisi kedelapan),Jakarta, PT.Indek,2009
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers, 1988
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2006
Warsita, Bambang Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: RinekaCipta, 2008
Warsihna, Jaka , Dilema Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik. Edisi no. 16/IX/Teknodik/Juni, 2005.
Wawancara Bersama Responden: guru PAI SMPN 3 Dempet,Siswa kelas IX SMPN 3 dempet
Refbacks
- There are currently no refbacks.