Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Kepada Peserta Didik
Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui:1) Bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. 3) Bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field reserch atau disebut dengan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang di ambil menggunakan sumber data sekunder dan sumber data primer, seperti sejaran madrasah, data guru dan peserta didik, visi dan misi. Ada pula data yang diambil dengan cara observasi yaitu mengenai kegiatan yang terlaksana di madrasah. Kemudian semua data yang diperoleh dianalisis. Dari seruruh data yang sudah didapatkan, kemudian dilakukan analisis data untuk menarik kesimpulan : 1) perencanaan implementasi nilai-nilai keislaman kepada peserta didik telah di konsep secara baik sesuai dengan waktu akademik 2) pelaksanaan implementasi nilai-nilai keislaman kepada peserta didik dilaksanakan sesuai dengan konsep perencanaan yang telah dibuat dengan baik 3) evaluasi implementasi nlai-nilai keislaman terlaksana dengan baik. Dengan ditunjukan dengan beberapa perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci : Implementasi, Nilai-nilai keislaman
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui:1) Bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. 3) Bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai keislaman di MTs Negeri 1 Demak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field reserch atau disebut dengan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang di ambil menggunakan sumber data sekunder dan sumber data primer, seperti sejaran madrasah, data guru dan peserta didik, visi dan misi. Ada pula data yang diambil dengan cara observasi yaitu mengenai kegiatan yang terlaksana di madrasah. Kemudian semua data yang diperoleh dianalisis. Dari seruruh data yang sudah didapatkan, kemudian dilakukan analisis data untuk menarik kesimpulan : 1) perencanaan implementasi nilai-nilai keislaman kepada peserta didik telah di konsep secara baik sesuai dengan waktu akademik 2) pelaksanaan implementasi nilai-nilai keislaman kepada peserta didik dilaksanakan sesuai dengan konsep perencanaan yang telah dibuat dengan baik 3) evaluasi implementasi nlai-nilai keislaman terlaksana dengan baik. Dengan ditunjukan dengan beberapa perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci : Implementasi, Nilai-nilai keislaman
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.