Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas IV
SDN Serangan 2, 2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada
peserta didik kelas IV SDN Serangan 2 sebelum dan sesudah menerapkan
pendekatan matematika realistic. Jenis penelitian kuantitaf dengan metode
eksperimen. Desain penelitian Quasi Eksperimental design, Populasi penelitian
adalah kelas IV SDN Serangan 2 berjumlah 42 peserta didik Pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling sistematis. Sampel penelitian kelas IV SDN Serangan
2. berjumlah 38 peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, dan
dokumentasi. Analisis data terdiri darimuji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas,
uji tingkat kesukaran soal dan uji daya beda soal), uji prasyarat analisis (uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian: (1) Ada
pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika peserta didik kelas IV sekolah dengan nilai t hitung sebesar
16.657 dan t tabel sebesar 2,0281 maka t hitung > t tabel, (2) Ada perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan sesudah penerapan
pendekatan matematika realistic berdasarkan nilai t hitung sebesar 38.794,
sedangkan t tabel sebesar 4,451 maka t hitung > t tabel.
Kata Kunci : pendekatan matematika realistik, pemecahan masalah, matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.