IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP KESATRIAN 1 SEMARANG

Diah Putri Anggraeni, Sarjuni Sarjuni, Toha Makhsun

Abstract


Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan
kualitatif yang disajikan berupa kata-kata. Subyek yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Guru PAI dan Wakil Ketua Kurikulum di SMP Kesatrian 1
Semarang.pengambilan data menggunakan triangulasi waktu adalah pengecekan
data melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.
Kemudian pada analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Perencanaan yang dilaksanakan
yaitu dengan membuat RPP, 2) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning yakni
dengan mengombinasikan pembelajaran tatap muka dikelas dan pembelajaran
daring berbasis google classroom, 3) Evaluasi pembelajaran ini dilakukan dengan
cara mengevaluasi factor penghambat atau kendala dalam pelaksanaannya yang
sebagian besar terletak pada pembelajaran daring. Pada pembelajaran Blended
Learning pada mata pelajaran PAI memanfaatkan teknologi dengan baik dapat
dilihat dari pengembangan pemilihan media pembelajaran dan sumber belajar dan
guru dapat menggunakan macam variasi gaya mengajar sehingga menumbuhkan
semangat peserta didik untuk belajar.
Kata Kunci: pembelajaran pendidikan agama Islam, teknologi dan blended learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.