Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik pada Siswa SMA Negeri 1 Lasem Ketika Mengikuti Pembelajaran Melalui Daring
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan
stres akademik pada siswa SMA Negeri 1 Lasem ketika mengikuti pembelajaran
melalui daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan
pada 358 siswa SMA Negeri 1 Lasem sebagai subjek penelitian. Metode
pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian terdiri dari skala self-efficacy yang terdiri dari 30
aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,913 dan skala stres akademik terdiri
dari 28 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,872. Hasil analisis hipotesis
yang dilakukan memperoleh rxy sebesar -0,245 dengan p= 0,000 (p<0,01).
Sumbangan efektif variabel self-efficacy pada stres akademik sebesar 6,002%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang signifikan
antara variabel self-efficacy dan stres akademik yang artinya semakin tinggi selfefficacy
maka akan semakin rendah stres akademik dalam menghadapi
pembelajaran melalui daring.
Kata kunci: Stres akademik, Self -efficacy, Siswa SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.