Strategi Customer Relations PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang dalam Menciptakan Customer Loyalty
Abstract
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas mengalami penurunan jumlah penumpang orang pada setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan persaingan dengan moda transportasi udara yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi customer relations yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang dalam menciptakan customer loyalty. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori relationship management. Strategi
customer relations yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang yaitu dengan memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik, memberikan tarif yang kompetitif dan menyediakan layanan akses informasi yang mudah. Selain itu menjalankan kegiatan khusus yaitu program mudik gratis, peringatan hari pelanggan, coffee break, perayaan ulang tahun customer, customer award dan penyambutan penumpang mancanegara. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan khusus untuk customer belum cukup efektif, karena terbukti hingga saat ini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang belum mendapatkan stabilitas dan kenaikan jumlah penumpang orang, yang artinya customer tidak loyal karena tidak menggunakan kembali transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Emas.
Kata kunci: Marketing Public Relations, Strategi Customer Relations, Customer Loyalty
customer relations yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang yaitu dengan memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik, memberikan tarif yang kompetitif dan menyediakan layanan akses informasi yang mudah. Selain itu menjalankan kegiatan khusus yaitu program mudik gratis, peringatan hari pelanggan, coffee break, perayaan ulang tahun customer, customer award dan penyambutan penumpang mancanegara. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan khusus untuk customer belum cukup efektif, karena terbukti hingga saat ini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang belum mendapatkan stabilitas dan kenaikan jumlah penumpang orang, yang artinya customer tidak loyal karena tidak menggunakan kembali transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Emas.
Kata kunci: Marketing Public Relations, Strategi Customer Relations, Customer Loyalty
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.