PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI JATIJAJAR 2
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN Jatijajar 02 Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Dengan metode bermain peran diharapkan siswa lebih bisa memahami apa yang dijelaskan saat proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis dan Mc Taggart, dalam metode PTK ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jatijajar 02 Kecamatan Bergas yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 dengan presentase ketuntasan kelas 61% . Pada siklus II dengan presentase ketuntasan kelas 91%. Dapat disimpulkan bahwa dengan metode Bermain peran,prestasi siswa dapat meningkat. Disarakan pada saat proses pembelajaran, guru agar lebih mengeksplore metode-metode pembelajaran yang ada. Agar siswa tidak merasa bosan dengan metode ceramah dan supaya kreatifitas dan kepercayaan diri siswa lebih bisa menonjol.
Kata Kunci: metode, bermain peran, prestasi belajar
Kata Kunci: metode, bermain peran, prestasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.