KONVERGENSI MEDIA DI RADIO GAJAHMADA FM SEMARANG

Widi Wahyuning Tyas

Abstract


Konvergensi media saat ini menjadi upaya pilihan yang banyak diterapkan oleh media konvensional seperti radio, salah satunya adalah Gajahmada FM. Hal ini terlihat dari disediakannya platform online seperti media sosial dan radio streaming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konvergensi media di radio Gajahmada FM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Konvergensi Media dari Henry Jenkins dengan pengembangan konsep lima dimensi konvergensi media oleh Grant dan Wilkinson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gajahmada FM telah menerapkan konvergensi media sesuai lima dimensi konvergensi media, yakni konvergensi teknologi, konten multimedia, kepemilikan, kolaborasi, dan koordinasi. Dalam penerapannya, terdapat tiga aspek utama yang diperhatikan, yakni produktivitas, interaktivitas, dan loyalitas. Sayangnya, penerapan konvergensi media di radio Gajahmada FM mengalami hambatan berupa kurangnya SDM dan terbatasnya peralatan, sehingga pengelolaan website menjadi sangat tidak maksimal.
Kata Kunci : Konvergensi media, New media, Radio Gajahmada FM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.