PENGARUH KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN GASING DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SDN 2 SEKURO JEPARA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kombinasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan) dan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SDN 2 Sekuro Jepara. Matematika bagi sebagian besar siswa dianggap sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami, karena selalu dihubungkan dengan angka dan rumus. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab bahwa prestasi belajar matematika masih belum memuaskan dan belum mencapai nilai KKM di SDN 2 Sekuro Jepara. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi metode pembelajaran GASING dan RME terhadap prestasi belajar matematika, sehingga mampu memenuhi KKM di SDN 2 Sekuro Jepara. Penelitian yang dilakukan secara kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di SDN 2 Sekuro Jepara. Populasi dalam penelitian ini siswa SDN 2 Sekuro Jepara. Sampel yang digunakan siswa kelas 5 sebanyak 15 siswa kelas kontrol dan 15 siswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode post-tes dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh digunakan untuk membandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data di uji menggunakan program SPSS dengan tingkat signifikansi 5% (sig. <0.05). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 87.00 dan 63.33. dengan nilai signifikansi 0.000 dan 0.043 yaitu sig<0.05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan antara kombinasi metode GASING dan RME dengan metode konvensioal terhadap prestasi belajar siswa dan mampu memenuhi nilai KKM siswa di SDN 2 Sekuro Jepara.
Kata Kunci: Pembelajaran GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan), Realistic Mathematics Education (RME), Matematika
Kata Kunci: Pembelajaran GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan), Realistic Mathematics Education (RME), Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.