Pembelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Media Kartu Index Card Match Di SDIT Al-Mawaddah Semarang
Abstract
Pada zaman sekarang banyak sekali media pembelajaran yang bisa kita terapkan dalam proses pembelajaran, salah satunya yakni media pembelajaran Index Card Match yang dapat kita terapkan untuk mengaktifkan prosses pembelajaran. Tujuan penulisan ini mencoba
menjawab rumusan masalah, yaitu : 1). Bagaimana perencanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. 2). Bagaimana pelaksanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-
Mawaddah Semarang. 3). Bagaimana evaluasi media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Untuk mengetahui pelaksanaan mediapembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Untuk mengetahui evaluasi media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisi kualitatif model miles dan huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pertama, perencanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dilaksanakan dengan baik, karena sebelum proses pembelajaran pendidik menyusun RPP. Keduan, pelaksanaan media pembelajaran Index Card Match dalam Mata Pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dilaksanakan dengan baik., karena proses pembelajaran sesuai dengan prosedur langkahlangkah yang telah ditentukan. Ketiga, evaluasi model pembelajaran Index Card Match dalam
mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dinilai efektif, karena sesuai dengan rancangan pembelajaran.
Kata kunci : Pembelajaran Fiqih Menggunakan Media Index Card Match
menjawab rumusan masalah, yaitu : 1). Bagaimana perencanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. 2). Bagaimana pelaksanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-
Mawaddah Semarang. 3). Bagaimana evaluasi media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Untuk mengetahui pelaksanaan mediapembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang. Untuk mengetahui evaluasi media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisi kualitatif model miles dan huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pertama, perencanaan media pembelajaran Index Card Match dalam mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dilaksanakan dengan baik, karena sebelum proses pembelajaran pendidik menyusun RPP. Keduan, pelaksanaan media pembelajaran Index Card Match dalam Mata Pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dilaksanakan dengan baik., karena proses pembelajaran sesuai dengan prosedur langkahlangkah yang telah ditentukan. Ketiga, evaluasi model pembelajaran Index Card Match dalam
mata pelajaran Fiqih di SDIT Al-Mawaddah Semarang dinilai efektif, karena sesuai dengan rancangan pembelajaran.
Kata kunci : Pembelajaran Fiqih Menggunakan Media Index Card Match
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.