STRATEGI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SD N TAJUNGSARI 02 TLOGOWUNGU PATI

Anik Wahyuningsih, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Moh Farhan

Abstract


Kegiatan Keagamaan meliputi rasa keagamaan, pengalaman ke Tuhanan, keimanan, sikap dan tingkah laku keagamaan yang terorganisasi dalam sistem mental dari kepribadian. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui: 1). Strategi Guru PAI dalam Mengenmbangkan Kegiatan Keagamaan peserta didik di SD N 02 Tajungsari Tlogowungu Pati, 2). Langkah-langkah Guru PAI dalam meningkatkan kegiatan peserta didik di SD N 02 Tajungsari Tlogowungu Pati, 3). Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yang mana dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan analisis deskriptif serta analisis prosentase untuk data
angka. Adapun hasil penelitian di lapangan menjelaskan bahwa: 1). Strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan peserta didik di SD N 02 Tajungsari Tlogowungu Pati adalah menjalankan peran guru pada umumnya yakni guru sebagai komunikator, inovator, emansipator, transformator, dan motivator bagi siswanya, akan tetapi di sekolah ini peran guru PAI bertambah yakni sesuai dengan tuntunan silabus kurikulum, 2). Langkah-langkah peran guru PAI dalam mengembangkan kegiatan keagaman peserta didik di SD N 02 Tajungsari Tlogowungu Pati antara lain, a). Mengaitkan mata pelajaran PAI dengan
kehidupan siswa yang ada kaitannya dengan apa yng berlaku di lingkungan sekitar, b). menyiapkan persiapan mengajar yang matang, sehingga dapat memberi kesan kepada siswa  bahwa gurunya itu patut dicontoh, c). membangkitkan emosi positif siswa untuk melaksanakan kegiatan keagamaan. ; 3). Faktor pendukung strategi guru PAI dalam mengembakan kegiatan keagamaan peserta didik di SD N 02 Tajungsari Tlogowungu Pati diantaranya yaitu: a). tersedianya mushola sebagai pusat pembinaan PAI dan macam-macam buku, macam-macam kitab, yang berkaitan dengan PAI dan saintek, b). pembiasaan terhadap siswa untuk mencintai al-Qur’an dan sunnah, faktor penghambat peran guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan pada siswa diantaranya; a). kegiatan ekstra yang berjalan kurang maksimal karena terhambat padatnya jam pelajaran, b). keadaan sekolah yang baru melaksanakan dua sistem
KBM disemester baru, yakni sistem SKS.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kegiatan Keagamaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.