KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

Rahmatul Ummah, Aida Azizah, Turahmat Turahmat

Abstract


Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu materi yang memerlukan keterampilan menulis adalah menulis teks prosedur. Materi ini terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI. Berdasarkan
hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3, keterampilan menulis teks prosedur peserta didik perlu untuk diefektifkan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran circuit learnig untuk mengefektifkan kembali pembelajaran menulis teks prosedur.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar menulis teks prosedur peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 3 dengan sampel kelas XI IPA 2. Hasil
akhir dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,75.
Kata kunci: teks prosedur, model pembelajaran circuit learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.