ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

Dedi Rusdi, SE,MSi,Akt, Nurul Megawati

Abstract


Kemampuan bersaing sebuah perusahaan dapat dilakukan apabila manajemen mampu melakukan pengambilan keputusan yang didasarkan pada informasi yang berkualitas. Informasi yang berkualitas akan terbentuk dari adanya sistem informasi (SI) yang dirancang dengan baik. Pemanfaatan SI yang tepat dan didukung oleh keahlian personil yang mengoperasikannya dapat meningkatkan  kinerja perusahaan maupun individu yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

Penelitian deskriptif menggunakan populasi penelitian 543 perusahaan manufaktur besar atau menengah yang ada di Semarang. Sampel ditetapkan dengan rumus Slovin dan diperoleh 85 perusahaan sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dikirim secara mail survey diperoleh 42 data yang dapat diolah sehingga sampel penelitian ini menjadi 42 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan pemakai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi dan penggunaan sistem informasi. Kapabilitas personal tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi dan penggunaan sistem informasi. Ukuran organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, tetapi tidak berpengaruh terhadap penggunaan sistem. Dukungan top management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, tetapi tidak berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi. Formalisasi pengembangan SI berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, Teapi tidak terhadap penggunaan sistem informasi. Kinerja sistem informasi akuntansi cenderung sama, baik yang berada di dalam perusahaan yang memiliki program pelatihan dan pendidikan maupun di dalam perusahaan yang tidak memiliki program pelatihan dan pendidikan. Kinerja sistem informasi cenderung sama, baik yang berada di dalam perusahaan yang memiliki komite pengendali SI maupun di dalam perusahaan yang tidak memiliki komite pengendali SI. Kinerja sistem informasi cenderung sama, baik yang lokasi departemen sistem informasinya berada terpisah maupun yang bergabung dengan bagian lain.

Kata kunci:      keterlibatan pemakai, kapabilitas pemakai, ukuran organisasi, dukungan top management, formalisasi pengembangan sistem, pendidikan dan pelatihan, komite pengendali, lokasi departemen, kepuasan pengguna, penggunaan sistem informasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.