Representasi Flexing Dalam Konten YouTube Rans Entertainment (Semiotika Model Roland Barthes Dalam Video “Nagita Bales Bikin Raffi Nangis??!!! Raffi Kaget Dikirimin Kado Dari Nagita…â€)

Carrisa Zahida, Swita Amallia Hapsari

Abstract


Tingginya pengguna media sosial didukung oleh jenisnya yang semakin beragam. YouTube menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu sebesar 93,8% berdasarkan hasil survey wearesocial tahun 2021. Pengguna tidak hanya dapat menikmati konten yang ada namun juga dapat memproduksi konten mereka sendiri.  Hal tersebut memicu munculnya para Youtuber dengan beragam konten dan salah satunya yaitu konten flexing kekayaan. Rans Entertainment merupakan salah satu kanal YouTube yang sering memproduksi konten-konten yang merepresentasikan flexing dan banyak diminati penonton. Peneliti bertujuan mendeskripsikan representasi flexing Rans Entertainment dalam video berjudul “Nagita Bales Bikin Raffi Nangis??!!! Raffi Kaget Dikirimin Kado Dari Nagita…â€. Peneliti menggunakan metode penelitian kualititatif deskriptif dengan teori Representasi Stuart Hall yang dianalisis dengan semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas scene yang mengandung unsur flexing yang dianalisis melalui tanda denotatif, konotatif, dan mitos. Selain itu, representasi flexing yang dilakukan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memberikan variasi pada sudut pandang khalayak.


Keywords


Flexing, Representasi, Semiotika, YouTube

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alamsyah, F. F. (2020). Representasi, Ideologi dan Rekonstruksi Media. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 92–99. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2540

Bahar, A. (2018). Sejarah Perjalanan YouTube hingga Drama YouTuber di Indonesia (PART 2). Hai.Grid.Id. https://hai.grid.id/read/07607427/sejarah-perjalanan-youtube-hingga-drama-youtuber-di-indonesia-part-2?page=all

Dzulfaroh, A. (2022). Apa Itu Flexing? Ramai Disebut di Media Sosial dan Apa Tujuannya? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/15/130000765/apa-itu-flexing-ramai-disebut-di-media-sosial-dan-apa-tujuannya-?page=all

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Hamid, F. (2016). Motif Pemilihan Metode Penelitian Dalam Penyusunan Skripsi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, Vol. 5(3), 280–289.

Haryadi, T. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo†Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 1(1), 1–16.

Hoed, B. (2014). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya (Ketiga). Komunitas Bambu.

Khairunnisa, H., Nursanti, S., Ramdhani, M., & Utamidewi, W. (2019). Representasi Gaya Hidup Modern Dalam Vlog Gen Halilintar Di Youtube. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 70–81. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.1991

Mutia, H., & Sahidian, L. (2018). Penggunaan Media Sosial Path Sebagai Media Representasi Dan Eksistensi Diri Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 10(03), 168–177. https://doi.org/10.38041/jikom1.v10i03.41

Nugraha, I. (2020). Ngaku Anak Anggota DPRD dan Saudara Sri Mulyani, Remaja yang Curi Mobil Tantang Siap Bayar Tunai. TribunManado.Co.Id. https://manado.tribunnews.com/2020/08/12/ngaku-anak-anggota-dprd-dan-saudara-sri-mulyani-remaja-yang-curi-mobil-tantang-siap-bayar-tunai?page=3

Riyanto, A. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/#:~:text=Total Populasi (jumlah penduduk)%3A 274%2C9 juta,dari jumlah populasi di Indonesia)

Setiawati, T. (2020). Representasi Budaya Patriarki Dalam Film Istri Orang. Komunika, 7(2), 66–76. https://doi.org/10.22236/komunika.v7i2.6328

Suhendra, R. (2019). Sikap Remaja Surabaya Terhadap Konten Youtube Yoshiolo Versi “Berapa Harga Outfit Lo?†| Jakarta Sneakers Day [Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Surabaya]. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5). http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1509

Sukendro, G., Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. (2021). Komunikasi Komunikasi Anak Muda Anak Muda untuk untuk Perubahan Perubahan Sosial Sosial. In Gramedia Pustaka Utama. PT Gramedia Pustaka Utama.

Tjhing, T., & Ariati, Y. (2022). Analisis Semiotika Representasi Budaya Tionghoa dalam Film Crazy Rich Asians. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 7(2), 243–261. https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.758




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i2.28886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â