PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK (Studi terhadap Siswa SD N 4 Tanggungharjo, Kecamatan Grobogan)

Ani Labibah, Arlina Nurhapsari, Rochman Mujayanto

Abstract


Pendidikan kesehatan gigi adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Pemberian pendidikan kesehatan gigi harus menarik, penjelasan yang menarik tanpa mengurangi konten pendidikan. Pemberian pengetahuan dapat dilakukan dengan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh permainan ular tangga modifikasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi da mulut pada anak. Metode penelitian ini menggunakan analitik deskriptif dengan rancangan pre dan post test. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode stratified random sampling yang terdiri 73 responden berdasarkan kriteria inklusi dari SD N VI Tanggungharjo, Grobogan. Variabel independen adalah permainan ular tangga modifikasi. Variabel terikat adalah pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Paired t - test dengan p < 0,05. Berdasarkan analisis menggunakan uji Paired t - test menunjukkan terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap peningkatan tingkat pengetahuan anak yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0, 000 (p < 0,05). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga modifikasi mempengauhi peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak.


Keywords


Pendidikan kesehatan gigi dan mulut, metode pendidikan kesehatan, Permainan ular tangga modifikasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/medali.v2i1.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.