Ethnomathematical Study of Jepara Troso Ikat Weaving Motifs in Two Dimensional Geometry Mathematics
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7
Citrowati, E. (2019). Penerapan Konsep Geometri dalam Mengembangkan Logika Matematika di TK Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. MENARA Ilmu, XIII(4).
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung LIterasi. Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 114). Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Firdaussa, T. S., Nurasih, N., Purwaningsih, Z., Nisa, K., & Kusuma, J. W. (2021). Etnomatematika Batik Khas Banten, Nilai Filosofis dan Materi Transformasi Geometri bagi Siswa SMA. HIMPUNAN: Jurnal Kajian Mahasiswa Pendidikan Matematika, I(2), 169-178.
Handy, M. R., Mutiani, Putra, M. A., & Rahman, A. M. (2021). Cultural Acculturation of China: Ethnographic Study in Banjarmasin. Jurnal Socius, 65-74.
Hariyanto, I. (2014). Tenun Lurik dalam Kehidupan Masyarakat Jawa. CORAK Jurnal Seni Kriya, 121-129.
Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 29.
Juano, A., & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dan Hubungannya dengan Konsep Geometri pada Matematika Sekolah Dasar dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, XI(2), 179-316.
Kononov, S. V., & Zhukov, A. V. (2020). The Philosophy of Security in the Globalizing Culture System. Journal of History Culture and Art Research, IX(3).
Mei, M. F., Seto, S. B., & Tupen, S. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Disiplin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, X(4).
Meilantifa, M., & Budiarto, M. T. (2018). The Development of Teaching Material: Rigorous Mathematical Thinking in a Geometry Classroom. Journal of Physics.
Panjaitan, S., Hartoyo, A., & Fitriawan, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun Songket Suku Melayu Sambas. Jurnal Alpha Euclid Edu, 19-31.
Putri, F. F., Widjanarko, D., & Syamwil, R. (2018). A Model of Local Potential-Based Fashion Production Units Woven Fabrics. Journal of Vocational Career Education, 88-95.
Ramadhani, R. D. (2015). Keberadaan dan Perkembangan Tenun Troso Jepara. Ornamen Jurnal Kriya, 117-130.
Reeves, S., Peller, J., Goldman, J., & Kitto, S. (2013). Ethnography in Qualitative Educational Research. Medical Teacher.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese Culture. Journal of Physics, 1-6.
Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2018). Mathematical Representation: The Roles, Challenges, and Implication on Instruction. Journal of Physics, 1-7.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, I., & Wirne, I. (2018). Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.
Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 100-104.
Spradley, J. P. (2016). The Ethnographic Interview. Illinois: Waveland Press.
Suryawan, I. P. P., & Maharani, L. D. W. (2021). Etnomatematika Kain Tenun Ikat Gringsing Desa Tenganan: Kajian Konsep Geometri pada Motif Lubeng. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI(2), 303-312. DOI : 10.5281/zenodo.5637756
Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, IV(2).
Wahyuni,A., Tias, A.A.W., & Sani, B. (2013, November). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No.1).
Wulandari S, C. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri Bangun Datar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, III(01), 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.6.2.102-115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rafida Salma, Dona Oktaviani Fevironika, Eka Zuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id