PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Suttrisno Suttrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan alat peraga IPS terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 30 guru di 10 Sekolah Dasar di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep melalui teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu angket dan lembar observasi Pemanfaatan alat peraga IPS dan angket kinerja guru. Analisis data menggunakan Uji regresi linier sederhana dan Uji-t untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji regresi linier sederhana dan uji signifikasi diperoleh data persamaan regresi linier sederhana kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 23,23+0,505X dengan nilai r = 0,526. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung (3,271) > ttabel (2,048) maka Ho ditolak, dengan demikian artinya terdapat pengaruh signifikan antara Pemanfaatan  alat peraga IPS terhadap kinerja guru.

Keywords


pemanfaatan alat peraga, IPS, kinerja guru, sekolah dasar

References


Ah-Sanaky, H. (2011). Media pembelajaran buku pegangan wajib guru dan dosen. Yogyakarta: Safiria Isnia Press.

Amron & Taufik, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja pada outlet telekomunikasi seluler Kota Makasar. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia, Vol. 5(1), 33-44.

Anas, M. (2013). Alat peraga dan media pembelajaran. Muhammad Anas.

Barnawi, A.M. (2012). Kinerja guru profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bello, S. M. (2012). Impact of ethical leadership on employee job performance. International Journal of Business and Social Science, Vol. 3(11).

Colquitt, J. A., Lepine J. A., & Wesson M. J. (2015). Organizational behaviour. improving performance and commitment in the workplace, 4th Ed., NewYork: McGraw-Hill Education.

Daud, S. (2018). Upaya meningkatkan kinerja guru melalui penggunaan alat peraga dengan pembelajaran langsung di SDN 007 Rokan IV Koto. Jurnal Pendidikan Rokania, Vol. 3(2), 230 – 244.

Depdiknas. (2005). Pedoman penjamin mutu sekolah dasar/madrasah bertaraf internasional pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fitria, H. (2018). The influence of organizational culture and trust through the teacher performance in the private secondary school in Palembang. International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol. 7(7), 82-86.

Gagari, M. Y., et al. (2010). Pengaruh penggunaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah terhadap kinerja guru SD, SMP, SMA dan SMK. Universitas Negeri Hasanuddin.

Hartana, B. (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Vol. 2(2), 147 – 162.

Jonimar, J. (2020). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk meningkatkan kemampuan guru dan hasil belajar siswa sekolah dasar. ISEJ : Indonesian Science Education Journal, 1(2), 69-84.

Maharsi, D. (2010). Kontribusi kemampuan memanfaatkan media pembelajaran, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial dan sikap profesional guru terhadap kinerja guru dalam pembelajaran. Surakarta: Alumni Pascasarjana Unversitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyasa. (2010). Menjadi guru profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muntha, B. (2013). Desain pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Prastiwi, A. A. (2016). Penggunaan alat peraga kartu bilangan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika kelas IV di SDN 2 Sanggrahan. Basic Education, Vol. 5(10), 922-931.

Riduan. (2015). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta

Riyanto, Y. (2012). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: SIC.

Rohayati, A. (2013). Alat peraga pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Rostina, S. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam mengajar Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Bandung: Mulia Mandiri Pers

Sagala, S. (2011). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ibid. (2013). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Siregar, S. (2014). Statistik parametik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode penekitian kuantutatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian lengkap, praktis dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarno, (2009). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes (Tesis, UNNES).

Supardi. (2013). Kinerja guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susiani, T. S. (2007). Kinerja calon guru sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 8(2), .

Taylor, E. S., & Tyler, J.H. (2012). Effect of evaluation on teacher performance. American Economic Review, 102(7): 3628–51.

Hutabarat, W. (2015). The impact of organizational culture, organizational structure, and job-satisfaction on high school teachers job performance. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3), 412-420.

Wicaksono, A. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Bantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat Pada Peserta Didik Kelas Vii Smpn 1 Panggul Trenggalek (Skripsi, IAIN Tulungagung).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.77-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id