Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar cerita bergambar bermuatan religius terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 SDN Beji 03 yang berjumlah 30 siswa. Bahan ajar yang digunakan adalah buku bergambar bermuatan nilai religius. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment one group pre-test-postest. Soal tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Analisis data menggunakan Uji Gain Ternomalisasi. Hasil penelitian menunjukkan jumlah nilai pretes dari seluruh siswa adalah 1890 dan jumlah nilai postes dari seluruh siswa adalah 2480. Hasil tersebut diolah menggunakan rumus N-Gain dan mencapai nilai 0,53 dengan interpretasi “Sedangâ€, dengan hasil ini maka terdapat peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar cerita bergambar bermuatan nilai religius. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bermuatan nilai religius efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asfihani, K. (2019). Komik strip untuk media pembelajaran Matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 58–67. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.58-67
Aslach, Z. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Kalisari 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.30-43
Bua, M., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis minat membaca permulaan dengan cerita bergambar di kelas I sekolah dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1749–1752.
Effendy, Y., Bangsa, G., & Yudani, H. D. (2013). Perancangan buku cerita bergambar Dang Gedunai untuk anak usia 4-6 tahun. Universitas Kristen Petra, 1(2), 56–58.
Fitriani, D., Nurwidodo, & Wilujeng, E. C. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa muatan IPS melalui model Student Facilitator and Explaining pada kelas IV-A SDN NGAGLIK 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 208–213. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108
Gina, H. (2019). Pengaruh pengembangan buku cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan sarapan sehat pada siswa sekolah dasar. In Skripsi. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Hardianto, & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105
Lestari, I. (2018). Pengembangan bahan ajar Matematika dengan memanfaatkan Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36.
Lestari, M. A., Eliyanti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas penggunaan media buku cerita bergambar dalam penanaman nilai-nilai moral siswa SD kelas rendah. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2), 134–144.
Pratiwi, S., Komala, E., & Monariska, E. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar Matematika. Jurnal Analisa, 6(2), 143–152. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Romadhoni, I. (2018). Pengaruh pemberian media buku cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. In Skripsi. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Setyarini, D. (2019). Metode pembelajaran Mind Map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar tentang mitigasi bencana erupsi gunung api untuk siswa SD/MI kelas IV di daerah rawan bencana. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id