Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab

Medhitya Alda Apriliani, Arifin Maksum, Prayuningtyas Angger Wardhani, Selvia Yuniar, Setyowati Setyowati

Abstract


Penelitian yang dilakukan berfokus pada pengembangan media pembelajaran video berbasis Powtoon untuk muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IV sekolah dasar, khususnya materi hak dan kewajiban pada tema 2 selalu berhemat energi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE. Dalam model ADDIE terdapat lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Akan tetapi, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai tahap Develop saja karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak berdasarkan penilaian dari validator. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa memperoleh skor 84% yang termasuk ke dalam kategori Sangat Layak atau Sangat Baik karena persentase dari hasil validasi berada pada rentang 81—100%. Dengan demikian, media pembelajaran video berbasis Powtoon untuk muatan pelajaran PPKn sangat layak dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Media pembelajaran video berbasis Powtoon ini dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi, di sisi lain juga membuat peserta didik antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Keywords


pengembangan, media pembelajaran, Powtoon, PPKn

Full Text:

PDF

References


Aksoy, G. (2012). The effects of animation technique on the 7th grade science and technology course. Creative Education, 3(3), 304–308. https://doi.org/10.4236/ce.2012.33048

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50.

Ardiansyah, H., Sindu, I. G. P., & Putrama, I. M. (2019). Pengembangan video pembelajaran PPKn untuk pengenalan suku dan budaya Indonesia (Studi kasus: Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 319. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18386

Ash-shidiqqi, E. A. (2018). The analysis of character education in Indonesia. International Journal of Humanities, Art and Social Studies (IJHAS), 3(4), 39–46.

Ciğerci, F. M. (2020). Primary school teacher candidates and 21st century skills. International Journal of Progressive Education, 16(2), 157–174. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.241.11

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Göçen, A., Eral, H. S., & Bücük, M. H. (2020). Teacher perceptions of a 21st century classroom. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(1), 85–98. https://doi.org/10.33200/ijcer.638110

Ilahi, L. R., & Desyandri. (2018). Pengembangan media pembelajaran tematik terpadu berbasis Powtoon di kelas III sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 1058–1077.

Jan, H. (2017). Teacher of 21 st century: Characteristics and development. IISTE, 7(9), 2225–0484.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Lestari, N. D., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powtoon untuk pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33–43.

Martens, A. M., & Gainous, J. (2013). Civic education and democratic capacity: How do teachers teach and what works? Social Science Quarterly, 94(4), 956–976. https://doi.org/10.1111/j.1540-6237.2012.00864.x

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating Powtoon as a learning activity into a course on technological innovations as didactic resources for pedagogy programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(6), 120–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025

Poggiali, J. (2018). Student responses to an animated character in information literacy instruction. Library Hi Tech, 36(1), 29–42. https://doi.org/10.1108/LHT-12-2016-0149

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kKelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Prenada Media Group.

Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono, D. (2018). Developing Powtoon-based video learning media for five grade students of elementary school. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 165(Iccsr), 173–177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan buku pelajaran tematik-integratif berbasis nilai karakter disiplin dan tanggung jawab di sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4070

Septiani, A. nisa N. S. I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian education landscape and the 21st century challenges. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 219–234.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a

Yatri, I., & Pratiwi, L. (2017). Peranan media video dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id