Analisis bahan ajar kurikulum 2013 berbasis kecerdasan majemuk tema 8 kelas III sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulaziz, M. F., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2014). Analisis isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Kesehatan SMP kelas VIII di Kota Semarang. JPES : Journal of Physical Education and Sports, 3(1).
Ahsani, E. L. (2020). Analisis bahan ajar Kurikulum 2013 berbasis Multiple Intelligences kelas IV. Elementary, 8(1), 19-36 http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398
Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran anak usia dini berbasis multiple intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 257-276.
Chatib, M., & Said, A. (2012). Sekolah Anak- Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Kaifa.
Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa.
Fatonah, S. (2009). Menumbuhkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak dengan mengenal gaya belajarnya dalam pembelajaran IPA SD. Al- Bidayah, 1(2), 9228- 9239.
Gangadevi,S., & Ravi D. (2014). Multiple intelligences based curriculum to enhance inclusive education to bring out human potential. Research Article, 2(8), 619-626.
Gardner, H. E. (1983). Frames of mind: The Theory of multiple intelligences. New York: Basic Book.
Hamzah, A. (2009). Teori multiple intelligences dan implikasinya terhadap pengelolaan pembelajaran. Tadris, 4(2), 251-262.
Kusniati, E. (2016). Strategi pembelajarn berbasis multiple intelligences. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 9(2), 167- 179.
Lunenburg F.C., & Lunenburg M.R. (2014). Multiple intelligences in the classroom: A fresh look at teaching writing. International Journal of Scholarly Academic Intellectual Diversity, 16(1), 1-14.
Maharani, R. (2015). Model pembelajaran berbasis teori multiple intelligences: Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, I(1), 11-24.
Masdudi, M. (2017). Konsep pembelajaran multiple intelligences bagi anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1-27.
Mujib, M., & Mardiyah, M. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kecerdasan multiple intelligences. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187-196. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2024
Mushollin, M. (2013). Penerapan teori multiple intelligences Howard Gardner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Tadris STAIN Pamekasan, 4(2), 223-235.
Nurhidayati, T. (2015). Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agam Islam, 3(1), 23-56. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56
Nurlaeliyah. (2015). Multiple intelligences terhadap perkembangan belajar siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 133-138.
Pramana, N. G., Sriasih, S. P., & Gunatama, G. (2019). Analisis kesesuaian materi buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas VII dengan karakteristik siswa kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20238
Rahayuningtyas, D. I., & Yuliyani, D. R. (2020). Pengembangan model multiple intelligences based learning untuk penguatan gerakan literasi sekolah dasar kelas tinggi. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 63-74. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1698
Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(2), 69-80.
Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan majemuk pada anak. Sari Pedriati, 7(2), 85-92. https://dx.doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Utami, S. W. (2019). Multiple intelligences: Platform global paling efektif untuk pendidikan abad ke- 21 dalam pendidikan dan pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019, 251-257.
Widyawati, S. (2016). Pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar pada materi Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas IX SMP di Kota Metro. Iqra, 1(1), 47-68.
Yunianto, T. (2021). Analisis kesesuaian materi IPA dalam buku siswa kelas IV semester 1 SD dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.1-17
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.15-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id