Analisis kemandirian belajar peserta didik kelas IV dalam mengerjakan soal matematika di masa pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar, menemukan faktor kemandirian belajar dan menemukan solusi dari kemandirian belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Pantirejo 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret-Agustus 2020. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pantirejo 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan data.  Pengujian keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa sudah baik pada indikator kepercayaan diri, ketidakbergantungan dengan orang lain, berperilaku disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan kontrol diri, faktor terbesar yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik adalah pola asuh orang tua serta lingkungan dan solusi yang diberikan adalah melalui pembiasaan antara jam belajar dan bermain, penghargaan verbal maupun non verbal dan hukuman kepada peserta didik seperti teguran dan memberikan tugas tambahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Basri, H. (1996). Remaja Berkualitas. Pustaka Pelajar.
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Improving instruments of student’s self regulated learning. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kusumaningrum, R. (2010). Peningkatan hasil Belajar menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode pembelajaran Kuantum pada siswa kelas X PJ 2 semester 1 SMK Negeri Banyudono tahun pPelajaran 2009/2010. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2018). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26999
Mulyadi. (2009). Classroom Management Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan. In UIN Press. UIN Malang.
Musbikin. (2010). Mendidik Anak Kreatif ala Eistein. Mitra Pustaka.
Nasution, N., & Zainul, A. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Universitas Terbuka.
Nazia, S. (2012). Hubungan pola asuh orang tua dan kemandirian siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Iqra’ Muara Bulian. Universitas Jambi.
Niaraka, & Rahmini. (2012). The impact or authoritative, permissive and authoritarian behaviour of parents on self-concept, psychological health and life quality. European Online Journal of Natural Social Science, 2(1), 78–85.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Sudrajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Mutu Sekolah (MPMBS). Cipta Grfika.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thoha, C. (2006). Kapita Selekta Pendidikan. Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.68-82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id